Denah apartemen

23 Contoh Denah Apartemen Minimalis, Studio dan Semua Tipe

Diposting pada

Hunian vertikal atau sering disebut apartemen semakin diminati oleh mahasiswa maupun orang yang sudah berkeluarga. Nah, di artikel ini akan membagikan contoh denah apartemen minimalis dan semua tipe.

Secara umum, apartemen menawarkan tempat tinggal dengan lokasi strategis serta harga terjangkau. Dengan begitu, pengembang apartemen membangun berbagai macam tipe.

Untuk memudahkan permintaan pelanggan, pengembang membuat denah apartemen yang sesuai tipe. Mulai dari tipe studio, loft, 1 kamar, 2 kamar, mewah, minimalis, sederhana dan lain sebagainya.

Selain itu, pelanggan dapat membuat denah apartemen yang sesuai keinginan atau kebutuhan. Oleh karena itu, kami sudah merangkum contoh denah apartemen lengkap dan minimalis untuk dijadikan referensi. Simak terus ulasan dari awal hingga akhir.

Pengertian Denah Apartemen

pengertian denah apartemen
Source image: rukita

Denah apartemen adalah dokumen teknis terperinci yang memberikan informasi spesifik tentang struktur serta tata letak. Dengan adanya denah, dapat berfungsi sebagai panduan untuk konstruksi dalam gambar serta cetak biru.

Selain itu, denah apartemen berfungsi untuk menunjukan tata letak seta dimensi setiap ruangan, dinding, pintu dan jendela. Sehingga mereka dapat menentukan ukuran atau lokasi ruangan yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Contoh Denah Gedung Apartemen

Contoh Denah Gedung Apartemen
source image: pngwing

Sebelum tahu denah apartemen yang sesuai dengan tipenya, sebaiknya pahami bentuk, ukuran dan tata letak bangunan gedung apartemen terlebih dahulu. Supaya, kamu dapat mengetahui tata letak atau lokasi apartemen yang di tempat tinggali.

Sebagai contoh, kami telah membagikan salah satu denah gedung apartemen yaitu Sanhita Apartemen dengan berbagai macam fasilitas dan tipe. Untuk mengetahui jelas contoh denah gedung apartemen bisa lihat gambar di atas.

Denah Apartemen Semua Tipe

contoh denah apartemen minimalis
Source image: Dekoruma

Bahwa sudah disebutkan apartemen memiliki berbagai macam tipe, furniture, fasilitas dan kelebihan. Namun, kebanyakan calon penghuni memilih denah apartemen dengan tipe minimalis dan sederhana.

Terpenting adalah apartemen memiliki kamar tidur minimal 1 atau 2. Tipe tersebut sangat dicari-cari oleh mahasiswa atau keluarga kecil yang baru saja menikah. Jika masih bingung memilih tipe apartemen, berikut kami bagikan contoh denah apartemen di semua tipe.

Ala Minimalis

denah apartemen minimalis
Source image: lamudi

Salah satu denah apartemen yang paling disukai keluarga kecil atau mahasiswa yaitu minimalis. Selain itu, biaya sewa apartemen lebih murah dibandingkan denah mewah lainnya.

Namun, kekurangan dari denah minimalis adalah ruangan memiliki lebar atau panjang yang terbatas. Sehingga penghuni harus pintar-pintar menata furniture apartemen.

Ala Sederhana

Contoh Denah apartemen Ala Sederhana
Source image: rumah123

Sebagai penghuni baru saja menjalankan kehidupan barunya seperti menikah, pastinya mencari apartemen ala sederhana. Dengan melihat denah ala sederhana di atas dapat dijadikan referensi serta sangat cocok untuk mahasiswa atau keluarga kecil.

Selain itu, biaya sewa atau beli apartemen lebih murah dibandingkan desain lainnya. Namun, dari denah ala sederhana harus menata furniture dengan benar supaya terlihat rapih.

Ala Mewah

Contoh Denah apartemen Mewah
Source image: ruangarsitek

Jika denah ala sederhana atau minimalis kurang nyaman, mungkin salah satunya bisa menggunakan denah mewah. Contoh denah mewah di atas bisa dijadikan referensi dengan ukuran apartemen lebih luas.

Sehingga berbagai macam furniture bisa di tata dengan rapih. Selain itu, denah mewah tersebut sangat cocok untuk keluarga besar karena memiliki 3 kamar dengan desain menarik.

Ala Modern Futuristik

Contoh Denah apartemen Modern Futuristik
Source image: ruangarsitek

Contoh denah apartemen ala modern futuristik di atas bisa dijadikan referensi ketika sewa atau membeli apartemen. Dari desain denah tersebut menyatukan semua aspek material kaca, sehingga terlihat modern.

Jika ingin semakin keren, bisa dibuat sekat antar ruangan sehingga tidak terlalu terbuka apabila ada tamu. Bahkan bisa ditambahkan dengan balkon untuk menghilangkan penat.

Ala Kontemporer

Contoh Denah apartemen Kontemporer
Source image: ruangarsitek

Denah apartemen ala kontemporer bisanya dipakai oleh mahasiswa dengan menambahkan warna simpel, seperti abu-abu, coklat atau pastel. Sehingga bisa menghasilkan suasana lebih nyantai serta nyaman.

Pada denah ala kontemporer di atas bisa dijadikan referensi untuk mahasiswa dengan biaya sewa lebih murah. Karena hanya ada beberapa ruangan di dalam apartemen.

Ala Jepang

Contoh Denah apartemen Ala Jepang
Source image: rumah123

Kaum wanita pastinya suka dengan denah ala Jepang, karena bisa membangun suasana yang menyenangkan dari segi warna cat maupun furniture. Secara umum, denah ala Jepang sangat minimalis sehingga biaya sewa tidak terlalu mahal.

Hanya saja harus pintar memilih maupun penataan barang furniture yang tepat. Selain itu, kami memberikan rekomendasi kalau ingin menggunakan denah ala Jepang yaitu menggunakan warna cat putih atau cream.

Ala Mahasiswa

Contoh Denah apartemen Ala Mahasiswa
Source image: lamudi

Secara umum mahasiswa lebih suka denah apartemen minimalis, jangkauan kamar mandi dekat serta furniture terlihat aesthetic. Dengan begitu, denah ala mahasiswa di atas bisa dijadikan referensi atau contoh sebelum sewa apartemen.

Sebagai informasi tambahan bahwa harus berhati-hati dalam memilih furniture, supaya ukuran sesuai dengan luas apartemen. Karena denah ala mahasiswa di atas sangat minim dengan lebar atau panjang ruangan.

Tipe Loft

Contoh Denah apartemen Tipe Loft
Source image: rumah

Tipe loft bisa dijadikan pilihan tepat yang ingin memiliki hunian minimalis maupun sederhana. Karena tipe ini sangat minim dengan luas ruangan, sehingga cocok untuk mahasiswa maupun keluarga kecil.

Namun, dari segi desain serta tata letak ruangan dapur, keluarga, ruangan makan dan lain sebagainya terlihat sederhana. Selain itu, tempat tidur juga tidak jauh dengan ruangan lainnya.

Tipe Studio

Contoh Denah apartemen Tipe Studio
Source image: rumah123

Denah apartemen tipe studio sangat di cari-cari oleh para milenial untuk dijadikan referensi sebelum sewa apartemen. Dengan memakai denah tipe studio, penghuni tetap merasa nyaman serta penataan furniture lebih simpel.

Selain itu, penghuni lebih leluasa karena tidak ada sekat atau tembok yang menghalangi. Untuk kamar, bisa menggunakan kasur twin bad supaya lebih leluasa bergerak.

Tipe 21

Contoh Denah apartemen Tipe 21
Source image: rumah123

Contoh denah apartemen tipe 21 di atas hanya memiliki ukuran tidak terlalu luas, biasanya hanya ada 1 kamar tidur, 1 kamar mandi serta dapur makan. Namun, contoh denah tipe 21 memiliki 2 kamar sehingga bisa dijadikan referensi.

Apartemen tipe 21 sangat cocok untuk mahasiswa maupun keluarga kecil yang baru saja menikah. Namun, dari tipe 21 tersebut tidak memiliki ruang untuk furniture terlalu banyak.

Tipe 36

Contoh Denah apartemen Tipe 36
Source image: lamudi

Denah apartemen tipe 36 memiliki lebar serta panjang cukup luas, sehingga cocok untuk kamu yang sudah memiliki anak kecil. Selain itu, denah tipe 36 di atas bisa dijadikan referensi untuk penataan barang furniture.

Sebagai tips tambahan untuk denah tipe 36 ini yaitu jangan terlalu banyak membeli barang furniture. Sehingga penghuni akan lebih leluasa bergerak maupun bermain bersama anak kesayangan.

Tipe 40

Contoh Denah apartemen Tipe 40
Source image: interiordesign

Tipe 40 memiliki luas tidak jauh beda dengan tipe 36, hanya saja ada beberapa ruangan yang terlihat luas seperti kamar maupun kamar mandi. Denah tipe 40 sering digunakan untuk penghuni baru saja menikah serta keluarga memiliki anak kecil.

Selain itu, tipe 40 cocok untuk mahasiswa yang memiliki teman banyak sehingga bisa dijadikan taman bermain atau nongkrong bersama teman-teman. Dengan begitu, harus mempertimbangkan penataan barang furniture supaya lebih luas.

Tipe 45

Contoh Denah apartemen Tipe 45
Source image: rumah

Jika ingin memiliki ruangan kamar tamu, kamar mandi, dapur atau balkon sebaiknya pilih denah apartemen tipe 45. Karena denah tipe 45 memiliki luas yang besar, sehingga nyaman digunakan untuk berkeluarga besar.

Karena tipe 45 lebih luas, maka bisa menaruh barang furniture lebih banyak. Tapi, tetap saja memakai konsep penataan barang furniture yang tepat supaya nyaman di pandang.

Tipe L

Contoh Denah apartemen Tipe L
Source image: ruangarsitek

Denah apartemen paling mewah yaitu tipe L, karena memiliki jumlah ruangan lebih banyak serta ditambahkan balkon untuk menghilangkan penat. Selain itu, ada kamar khusus untuk orang tua dan anak kecil.

Contoh denah tipe L di atas bisa dijadikan referensi sebelum sewa apartemen. Bahkan denah tipe L bisa diaplikasikan untuk membuat rumah kekinian dengan pemilihan cat warna modern.

Tipe Convertible

Tipe convertible apartemen
Source image: rumah

Tipe convertible apartemen berbeda dengan tipe lainnya, karena menggabungkan semua ruangan menjadi satu sehingga seperti studio. Selain itu, tipe convertible apartemen memberikan suasana nyaman serta privasi terjamin aman.

Karena di denah atas terlihat beberapa sekatan tembok untuk supaya kedap suara dari tetangga. Tentunya, tipe convertible apartemen lebih luas dibandingkan dengan apartemen tipe 21.

Tipe Panjang

Tipe apartemen panjang
Source image: rumah

Karena jumlah tipe apartemen cukup banyak serta bingung memilih ukuran ruangan yang tepat. Maka, cara paling tepat atau mudah bisa memilih denah apartemen tipe panjang.

Dengan melihat denah di atas terlihat bahwa warna, ukuran, serta setiap ruangan memiliki suasana lebih nyaman. Selain itu, terdapat balkon atau halaman tamu dan bersantai bersama keluarga.

Tipe Lantai Tinggi

Denah apartemen tangga tinggi
Source image: rumah

Ketika ingin memiliki sebuah apartemen yang unik, maka tipe lantai tinggi bisa dijadikan referensi. Karena denah di atas menggambarkan bahwa kegunaan dari bangunan sangat diperlukan.

Mulai dari tembok, pintu, lahan, jendela dan lain sebagainya. Selain itu, di denah atas terdapat beberapa ruangan khusus seperti ruang tamu, ruang santai serta kamar tidur.

1 Kamar Tidur

Contoh Denah apartemen 1 Kamar Tidur
Source image: arumaya

Apartemen 1 kamar tidur memang di cari-cari oleh mahasiswa maupun keluarga kecil supaya lebih hemat mengeluarkan biaya sewa, listrik, air dan lain sebagainya. Denah di atas bisa dijadikan referensi dengan penataan ruangan lebih rapih.

Namun, ada yang harus diperhatikan dari denah 1 kamar yaitu sekatan ruangan harus tertutup menggunakan pintu, salah satunya ruangan dapur atau kamar. Sehingga akan terlihat lebih privasi ketika ada tamu sedang berkunjung.

1 Kamar Tidur Ada Balkon

Contoh Denah apartemen 1 Kamar Tidur Ada Balkon
Source image: ruangarsitek

Sebagai penghuni apartemen milenial atau anak mudah jaman sekarang, pastinya ingin memiliki desain yang keren serta nyaman dihuni. Denah 1 kamar tidur ada balkon bisa dijadikan solusi.

Namun, ada beberapa aspek supaya terlihat keren yaitu menggunakan cat warna putih atau cream. Kemudian ditambahkan barang furniture serba multifungsi.

2 Kamar Tidur

Contoh Denah apartemen 2 Kamar Tidur
Source image: ruangarsitek

Jika denah 1 kamar kurang cocok, maka gunakan denah 2 kamar tidur supaya terlihat luas. Namun, biaya sewa apartemen 2 kamar tidur lebih mahal dibandingkan 1 kamar tidur.

Melihat dari denah 2 kamar tidur di atas bisa dijadikan referensi untuk penghuni yang sudah berkeluarga serta memiliki 1 anak kecil. Selain itu, desain di atas terlihat simpel dengan perpaduan warna cream serta coklat di bagian furniture.

3 Kamar Tidur

Contoh Denah apartemen 3 Kamar Tidur
Source image: mustikaland

Ketika sudah berkeluarga besar memiliki 3 anak atau 2 anak, maka harus cari apartemen dengan ukuran lebih luas. Maka, denah 3 kamar tidur di atas bisa dijadikan referensi dengan penataan barang furniture lebih rapih.

Bahkan, denah 3 kamar tidur di atas terdapat balkon untuk menghilangkan penat atau nongkrong bersama keluarga dan teman. Namun, biaya sewa apartemen 3 kamar tidur jauh lebih mahal dibandingkan 1 kamar.

Banyak Kamar Tidur

Contoh Denah apartemen Banyak Kamar
Source image: jasasiteplan

Ketika memiliki pikiran berbisnis, maka gunakan denah apartemen banyak kamar tidur seperti di atas. Secara umum, apartemen banyak kamar tidur sering disewakan oleh orang-orang pendatang dengan harga lebih terjangkau.

Dengan banyak kamar tidur harus mengeluarkan biaya tidak sedikit, kurang lebih 1 miliar. Jika memang memiliki pikiran berbisnis dalam sewa apartemen, mungkin denah di atas bisa dijadikan referensi.

Tanpa Balkon

Contoh Denah apartemen Tanpa Balkon
Source image: ruangarsitek

Denah apartemen terakhir yaitu tanpa balkon, namun memiliki banyak ruangan kamar tidur serta ukuran ruangan lebih luas. Melihat denah tanpa balkon di atas sangat cocok untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki 2 anak.

Tidak adanya balkon, membuat harga sewa apartemen jauh lebih murah. Selain itu, kelebihan dari denah tanpa balkon di atas yaitu terdapat ruangan khusus dapur supaya bau masakan tidak menyebar.

Tips Memilih Denah Apartemen

Tips Memilih Denah Apartemen
Source image: hydeliving

Setelah tahu beberapa denah apartemen yang telah kami bagikan di atas, mungkin salah satunya bisa dijadikan referensi. Namun, jangan sampai salah memilih denah apartemen karena bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan saat menghuni.

Karena apartemen adalah tempat huni paling nyaman untuk mahasiswa atau keluarga kecil, tentu saja jangan salah memilih denah. Dengan begitu, kami membagikan tips memilih denah apartemen berikut ini.

1. Perhitungan Luas Ruang

Setiap apartemen memiliki luas ruangan berbeda-beda, sehingga dibutuhkan ukuran detail setiap apartemen. Dengan menghitung luas ruang apartemen menyesuaikan dari jumlah penghuni, jenis kegiatan, jumlah peralatan serta sirkulasi udara.

2. Perhatikan Pencahayaan

Setelah perhitungan luas ruang dihitung sesuai kebutuhan penghuni, maka pilihlah denah apartemen yang memiliki pencahayaan bagus. Pastikan, pencahayaan matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Sehingga membangun apartemen yang sehat.

3. Kedap Suara

Tips memilih denah apartemen selanjutnya yaitu pastikan ruangan kedap suara. Bahwasanya apartemen berbentuk rusun hanya saja bermodel modern. Untuk test kedap suara atau tidak apartemen, maka bisa dilakukan dengan cara mengetuk tembok dari luar maupun melihat jenis tembok.

4. Material dan Furniture

Tips memilih berikutnya yaitu mengetahui material bangunan apartemen untuk keamanan serta kenyamanan penghuni. Selain itu, denah akan memberikan contoh penataan barang furniture dengan posisi yang tepat, sehingga bisa bergerak leluasa.

5. Tema atau Konsep

Tips memilih denah apartemen yang terakhir yaitu memperhatikan tema atau konsep setiap ruangan. Tema atau konsep dapat ditentukan sendiri sesuai keinginan dan kesukaan. Dengan begitu, pembuat denah akan memberikan warna cat atau penataan ruangan.

Download Denah Apartemen

denah apartemen PDF
Source image: tim apartemenin

Kalau masih bingung memilih dan ingin tahu lebih jelas ukuran setiap tipe apartemen. Kami akan membagikan link download denah apartemen PDF beserta ukuran detailnya.

Selain itu, di dalam file PDF akan menjelaskan ukuran atau desain semua tipe apartemen modern maupun. Jika sudah tidak sabar, silahkan download menggunakan link di bawah ini.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari ulasan di atas terkait denah apartemen yaitu ada berbagai macam tipe, ukuran, konsep dan tema yang dapat disesuaikan oleh calon penghuni. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin sewa apartemen dan belum menentukan konsep ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *